Pengertian Image Enhancement

Image Enhacement berasal dari kata enhacement yang artinya mempertinggi atau meningkatkan, jadi image enahcement memiliki arti secara utuh adalah mempertinggi atau meningkatkan kualitas image dengan metode-metode tertentu. Proses-proses dalam image enhacement terdiri dari sekumpulan teknik yang dilakukan untuk meningkatkan tampilan visual dari sebuah image, atau untuk mengonversi image ke dalam bentuk yang lebih cocok untuk analisa mata manusia atau analisa mesin.

Untuk pemrosesan mesin, definisi dari image enhacemet adalah untuk menghentikan data-data yang hilang dalam ekstraksi image. Sebagai contoh, sebuah sistem image enhacement menguatkan garis tepi sebuah image dengan menggunakan filtering dengan frekuensi tinggi. Gambar yang telah di-enhance kemudian digunakan sebagai input ke dalam sebuah mesian yang akan melacak garis tepi dari sebuah objek dan mungkin saja membuat pengukuran dari bentuk dan ukuran dari objek tersebut.

Metode dalam Image Enhacemet
Dalam Pengolahan Citra Digital, kita mengenal banyak metode atau cara yang digunakan untuk meng-enhance sebuah image. Menurut William K Pratt dalam bukunya yang berjudul DIGITAL IMAGE PROCESSING ada 9 metode yang diguankan dalam image enhancement. Sembilan metode ini adalah macam-macam metode yang telah terbukti digunakan untuk manusia dan analisa mesin yaitu:
  1. Contrast Manipulation
  2. Histogram Modification
  3. Noise Clearing
  4. Edge Crispening
  5. Transform Processing
  6. Median Filter
  7. False Color
  8. Pseudocolor
  9. Multispectral Image Enhancement
Demikianlah yang bisa saya tuliskan mengehai Pengertian Image Enhacnement, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita bersama.

Sumber: digilib.petra.ac.id

Bagikan Artikel Ini :

Ditulis Oleh : Arie Decoder // 1:02 PM
Kategori:

0 comments: