Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011

Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 - Disini saya akan memberikan informasi tentang terjadinya Gerhana Bulan Total pada tanggal 16 juni 2011. kejadian ini sangan langka sekali untuk dinikmati karena kejadian ini sangat jarang terjadi.
Gerhana Bulan Total, Gerhana Bulan 16 Juni 2011

Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 nanti akan dimulai pada pukul 01.23 WITA yang ditandai dengan masuknya Bulan ke bayangan penumbra Bumi pada waktu ini perubahan bulan ditandai dengan berkurangnya kecerlangan bulan. Kemudian pada pukul 02.22 WITA Bulan akan masuk ke umbra Bumi. Bagi sobat sekalian yang ingin melihat Gerhana Bulan Total 16 juni 2011 inilah waktunya yang tepat sobat melihatnya. Gerhana Bulan 16 Juni 2011 terjadi Ketika cahaya Bulan yang terlihat semakin sedikit, akan tampak warna kemerahan di bagian gelapnya. Puncaknya adalah ketika Bulan sudah masuk sepenuhnya ke dalam umbra, yaitu pada pukul 03.22 WITA. Puncak gerhana ini akan terjadi pada pukul 04.12 WITA. Bulan berada di dalam bayangan umbra selama hampir 2 jam hingga pukul 05.03 WITA. Pada Saat itu seluruh Bulan tampak akan tampak berwarna merah. Warna merah ini berasal dari sebagian cahaya Matahari yang masih diteruskan atmosfer Bumi. Dan proses gerhana akan benar-benar berakhir pada pukul 07.02 WITA, saat Bulan keluar sepenuhnya dari bayangan penumbra Bumi.

Itulah tadi proses kejadian Gerhana Bulan 16 juni 2011. Dilihat dari waktunya, hanya Indonesia bagian tengah dan barat saja yang bisa melihat gerhana ini dari awal hingga akhir. Sementara bagian timur Indonesia tidak dapat mengamatinya hingga selesai karena Bulan akan terbenam dahulu. Tetapi untungnya bagian paling menarik dari gerhana ini, yaitu ketika Bulan berada di dalam bayangan umbra Bumi, Gerhana Bulan Juni 2011 dapat dilihat utuh dari awal hingga akhir dari seluruh Indonesia.

Semoga informasi tentang Gerhana Bulan 16 juni 2011 bisa menjadi bahan informasi yang berguna bagi sobat semuanya dan sekian saja dari saya.

Bagikan Artikel Ini :

Ditulis Oleh : Unknown // 4:10 AM
Kategori:

2 comments:

razone wanennoor said...

semalam keburu ngantuk jadi g jadi deh nyaksiin gerhana bulan hehee

Unknown said...

@Wane Noor : wah sayang sekali ya kagak liyat.wkwkwk